Apa Itu AVR Pada Genset dan Apa Fungsinya?


 
cara memasang avr pada generator
Apakah Anda menggunakan mesin genset untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan listrik Anda? Atau menjaga kestabilan pasokan listrik dari PLN saat mengalami pemadaman? Jika iya maka Anda sebaiknya mengetahui AVR yang ada pada genset, karena AVR merupakan bagian yang sangat penting dan memengaruhi dari kinerja genset.

AVR merupakan singkatan dari Automatic Voltage Regulator. AVR berfungsi untuk menjaga keseimbangan atau stabilitas voltasi tegangan listrik dari sebuah genset ketika berhadapan dengan beban listrik yang kerap berubah-ubah saat menyuplai listrik ke seluruh peralatan-peralatan elektronik seperti ke kulkas, komputer, televisi atau pun berbagi macam peralatan lainnya.

Tegangan listrik yang tidak stabil akan berdampak buruk pada berbagai perangkat listrik yang ada termasuk pada genset, sehingga AVR sangat diperlukan. Alasan itulah yang membuat skema AVR genset wajib digunakan. Misalnya saja Anda menggunakan komputer yang pada saat dihidupkan membutuhkan tegangan sebesar 220 volt, namun ternyata output dari genset kurang dari 220 volt maka beberapa komponen di dalam power supply akan mengalami kerusakan karena overload kekurangan tegangan akan membuat regulator dari power supply cepat mengalami kerusakan. Ketika sebuah genset memiliki AVR, maka kondisi tersebut dapat diminimalisir sehingga komputer Anda dapat berjalan lebih aman.
Prinsip Kerja & Fungsi dari AVR Genset (Generator Set)
Prinsip kerja dari AVR genset yaitu mengatur bagian arus penguatan atau sering disebut dengan istilah excitacy pada bagian exciter. Jika kondisi tegangan keluaran dari genset berada pada bagian bawah tegangan minimal, maka bagian AVR genset otomatis menaikkan besaran tegangan output dari genset sesuai kebutuhan. Dan begitu sebaliknya, jika output tegangan dari genset terlalu tinggi, maka bagian sel volta akan menurunkannya. Berikut cara mengetahui avr genset (generator) rusak.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada AVR Genset dan Cara Mengatasinya. Bagian AVR genset atau stavolt adalah sekring atau fuse. Putusnya bagian sekring atau fuse akan membuat output tegangan dan arus dari genset tidak bisa keluar. Hal tersebut dikarenakan adanya kelebihan beban atau pun overload dari berbagai macam beban yang terpasang pada generator itu sendiri.

Kerusakan AVR genset juga bisa disebabkan karena korslet atau arus pendek yang terjadi pada peralatan listrik yang dipasang pada genset atau juga bisa disebabkan oleh keausan pada komponen-komponen misalnya komponen batu arang yang sudah aus dapat menimbulkan terputusnnya tegangan listrik yang mengalir ke beban serta menimbulkan percikan api di dalam kumparan atau gulungan genset. Hal tersebut sangat berbahaya karena dapat memicu kebakaran pada genset atau AVR genset.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut yaitu lakukan pembersihan bagian kumparan trafo pada bagian AVR yang dilewati carbonbrush dengan menggunakan alat kuas yang masih bersih. Bersihkan juga bagian kawat tembaga dengan menggunakan cutter sampai dengan kawat tersebut bersih hingga mengkilat. Setelah itu longgarkan bagian baut pengunci lengan yang digunakan untuk mengatur tegangan lalu tekan kea rah kumparan trafo dan kencangkan. Perlu diperhatikan, jika carbonbrush sudah cukup alus dan tidak menyentuh bagian kumparan trafo maka Anda harus melakukan penggantian carbobrush dengan yang baru.

Secara umum, tiap unit mesin genset biasanya sudah memiliki komponen AVR, apalagi untuk genset dengan kapasitas di atas 10 KVA. Itulah bagian AVR yang sebaiknya Anda ketahui agar bisa mengoperasikan genset dengan baik dan juga aman. Itulah cara umum untuk mengetaui AVR genset yang rusak. Nah, panduan berikutnya adalah cara untuk memperbaiki dengan memasang ulang AVR.

Cara Mudah Memasang AVR Genset
  1. Siapkan tempat yang kering dan terang untuk memasang AVR sekaligus menyalakan genset. 
  2. Setelah itu, buat 6 jalur kabel baru dengan serat halus dengan lebar 2,5 mm yang akan dipasang dari dinamo ke AVR
  3. Kabel jalur terminal dinamo yang diperlukan adalah N, R, S, dan T serta 2 kabel lainnya dengan tanda positif dan negatif di exciter.
  4. Setelah semua siap, pasang 4 kabel N, R, S, dan T ke terminal dinamo menggunakan kabel baru yang dibuat pada point pertama
  5. Sisa 2 kabel lainnya sambungkan ke exiter sesuai dengan tanda positif dan negatif yang diberikan.
  6. Setelah terpasang semua, baru nyalakan mesin genset dan atur voltage yang dibutuhkan pada AVR.
Untuk lebih terjamin lagi, Anda perlu memastikan jika sudah memilih mesin genset yang tepat seperti ABC Power Genset dengan 100% produk orisinil, berkualitas dan bergaransi selama 2 tahun dengan perlindungan yang terbaik. ABC Power bukan hanya Jual Genset atau Sewa Genset terbaik saja, tetapi juga memberikan layanan konsultasi dan edukasi secara gratis mengenai spesifikasi, instalansi, Rekomendasi genset murah dari berbagai merek dan kapasitas genset yang Anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar