kumparan sekunder (Ns), (kurang lebih 18.000 lilitan)
  • Tahanan untuk mengatur arus primer agar tidak naik terlalu tinggi.
  • Kam untuk membuka dan menutup pemutus arus.
Putaran kam :
  • mesin 2 langkah (sama dengan  kecepatan putaran poros engkol)
  • mesin 4 langkah (1/2 dari kecepatan putaran poros engkol)
  • Rotor untuk membagi arus dari kumparan ke busi
  • Kondensor mempercepat pemutusan arus primer pada waktu pemutus arus terbuka. Bila pemutusan arus primer tidak berlangsung cepat akan terjadi loncatan listrik antara kontak pemutus arus, sehingga tidak terjadi loncatan listrik di kedua elektroda busi.

Distributorless Ignition System
  • On older cars with a Distributor and coil pack, the ignition module is an electrical switch that turns the power on and off to the coil, which in tern causes the coil to generate a spark.
  • On more modern cars that do not have a distributor, but have fully computerised ignition systems, it usually refers to the ignition coil.
  • In both cases it’s responsible for causing a surge of high voltage electricity to be supplied to the spark plugs to cause the petrol/air mixture in the cylinders to ignite.
  • In a fuel injection controlled internal combustion engine, a magnetic trigger device provides the source of electrical timing signals for operating the injectors. A single rotating magnet has its magnetic field extended to an effective angular radiation area substantially greater than the angular radiation area of the magnet alone. A pair of magnetizable members are positioned on either side of the path of a rotating magnet for developing an enlarged magnetic field for actuating a single reed switch. The reed switch connects a source of power to a pair of signal lines wherein one line contains an inverter, whereby, the signal on one line is the complement of the signal on the other line.
  • An engine control unit (ECU), also known as power-train control module (PCM), or engine control module (ECM) is a type of electronic control unit that determines the amount of fuel, ignition timing and other parameters an internal combustion engine needs to keep running. It does this by reading values from multidimensional performance maps (so called LUTs), using input values (e.g. engine speed) calculated from signals coming from sensor devices monitoring the engine.

Busi



















  • Kondisi operasi mesin menentukan jenis busi yang harus dipakai.
  • Mesin dengan daya tinggi, tekanan efektif rata-2 dan putaran yang tinggi sebaiknya menggunakan busi dingin, untuk mencegah penyalaan prematur.

Sistem Bahan Bakar

Karburator







Sistem Bahan Bakar Injection Carburator


Dalam sistem injeksi, pemasukan bahan bakar  dilakukan dengan penyemprotan oleh injektor di beberapa tempat setelah katup gas, dekat katup isap. Untuk injektor dengan tekanan tinggi dapat disemprotkan langsung ke dalam silinder (seperti motor Diesel).
Jumlah bahan bakar yang dimasukkan diatur oleh beberapa sensor dan merupakan fungsi dari :
  • Jumlah udara masuk
  • Temperatur udara
  • Temperatur silinder
  • Pembukaan katup Gas
  • Perbandingan udara-bahan bakar

Fuel Injector
Sistem Bahan Bakar dan Proses Pembakaran
  • Campuran bahan bakar –udara di dalam silinder motor bensin juga harus sesuai dengan syarat busi yang ada agar tidak terbakar dengan sendiri.
  • Pembakaran terjadi dimulai dari sekitar busi, akibat loncatan api listrik di busi, kemudian merambat ke segala arah dengan kecepatan tinggi (25-50 m/detik).
  • Campuran dibagian terjauh dari busi akan mengalami pembakaran yang terakhir.
Ada kemungkinan bagian tersebut terdesak oleh penekanan torak atau nyala api yang telah terjadi di bagian lain, sehingga temperaturnya melebihi temperatur penyalaan sendiri dan akibatnya terjadi ledakan. Proses ini yang dinamakan dengan Detonasi.
  • Ketika terjadi detonasi, tekanan silinder bisa mencapai 130-200 kg/cm2. Detonasi yang berat bisa menimbulkan suara gemlitik pada mesin.






Cara Mencegah Detonasi:
  • Mengurangi tekanan dan temperatur bahan bakar-udara yang masuk ke dalam silinder
  • Mengurangi perbandingan kompresi
  • Memperkaya campuran bahan bakar-udara atau mempermiskin campuran b.bakar-udara dari suatu harga perbandingan campuran yang sangat mudah terjadi detonasi (misalnya 0,08).
  • Menaikkan kecetan torak (atau putaran poros engkol), untuk memperoleh turbulensi pada arus campuran yang dapat mempercepat rambatan api.
  • Memperkecil diameter torak untuk memperpendek jarak tempuh nyala api.
  • Membuat konstruksi yang memungkinkan bagian terjauh dari busi mendapat pendinginan yang cukup.
  • Penggunaan busi yang lebih dari satu.