firearms

Persenjataan dan Perlengkapan yang dimiliki oleh Police sebagai gambaran kepada para kaskuser semuanya Dimulai dari jenis senjata dan perlengkapan yang sering ditemui sehari hari, maupun yang jarang kita lihat. Kepada rekan-rekan yang mau menambahkan, silahkan saya dengan senang hati
Kita tentu sering mendengar kata ‘pistol’ atau ‘revolver’. Sayangnya, banyak diantara kita masih sering salah mengartikan perbedaan pistol dan revolver sebagai sebuah kata yang mengandung arti sama. Bahkan, dibeberapa media cetak seperti koran, atau majalah masih sering ditemui kesalahan pengertian tersebut.

Kadangkala, pistol disebut sebagai FN, atau revolver disebut sebagai pistol, dll. Padahal keduanya merupakan jenis senjata genggam atau senjata laras pendek yang berbeda.

Senjata api genggam merupakan senjata api yang digunakan dengan satu tangan. Biasanya orang awam salah menyebutnya dengan Pistol untuk sebutan secara umum senjata api genggan, padahal Pistol adalah jenis senjata yang kamar pelurunya menyatu dengan laras. Ada juga yang salah menyebutnya FN, FN bukanlah jenis senjata api tapi merupakan nama pabrik yang memproduksi senjata api. Sistem kerja senjata api pun berbeda antara pistol dengan revolver. Kata ‘pistol’ mulai digunakan untuk menggambarkan senjata api genggam pada abad ke-18. Pada abad ke-15 pistol bererti sebuah pisau kecil yang boleh disembunyikan di dalam pakaian.

Senjata genggam atau senjata laras pendek lazim disebut ‘firearms‘ atau ‘handgun‘ sampai saat ini dikategorikan menjadi 2 jenis utama yaitu.
Contoh gambar bagian-bagian Revolver S&W

1. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu: (tulisan tentang revolver klik di sini)

frame
laras
silinder

Revolver adalah jenis senjata api yang paling banyak dimiliki oleh Police , berikut adalah type/merk senjata api jenis Revolver yang dimilki oleh Police yang saya tahu (kaliber 38):

1.Smith & Wesson atau S&W, jenis ini yang banyak dimiliki oleh Police baik dengan laras 2 inchi atau 4 inchi
2. Colt
3. Taurus
4. Pindad
5. …
Contoh gambar bagian-bagian Pistol Glock 17

2. Pistol, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu:

Slide
frame
laras / barrel
magasen

Berikut adalah type/merk senjata api jenis Pistol yang dimilki oleh Police yang saya tahu:

1. Glock, jenis ini biasanya digunakan oleh rekan-rekan di Gegana terutama yang bergabung di DENSUS 88 ANTI TEROR (Awas ya, jangan sampai salah sebut DENSUS 86 ANTI TEKOR!!!) dan para pimpinan di Brimob Police .
2. SIG Suer jenis P226 (digunakan walpri kedubes asing, saya belum tahu apakah ini punya Police atau inventaris dari kedutaan tersebut)
3. ……

Demikian uraian singkat mengenai senjata api genggam, buat rekan-rekan yang mau memberikan masukan, silahkan tinggalkan komentar beserta referensi link/url sumbernya.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar